11 December 2011

Nilai Minus M-Net Asian Music Awards


Nulisnya telat banget sih, tapi tak apalah. Pengen nyampein uneg-uneg. Minggu lalu M-net Asian Awards digelar di Singapura. Awalnya excited banget pengen nonton, sampai rela begadang untuk lihat performance artis-artis Korea. Padahal hasilnya sudah ketahuan. Maklum stasiun ikan terbang menyiarkannya tidak langsung.

Walau penampilan mereka - para artis Korea itu - keren, tapi rada kecewa karena nominasinya kok kebanyakan dari Korea ya? Bukannya 'nama' yang mereka usung itu ASIAN? Itu berarti se-Asia dong. Semaki kecewa karena tidak ada artis negeri sendiri yang masuk. Padahal, kalau mau menghitung penyanyi taraf internasional kita juga punya. Agnes Monica dan Anggun, misalnya.

Kekecewaan lainnya adalah bahasa. Tidak satu pun ucapan pembaca awards yang dimengerti, kecuali mereka yang pake bahasa Inggris. Jadinya agak aneh saat pembaca nominasinya mencoba bercanda dan tertawa sendiri sedangkan kita yang nonton tidak mengerti apa yang mereka katakan. M-net Asian Music Awards adalah event internasional. Itu berarti penontonnya akan berasal dari berbagai negara, bukan hanya Korea. Kita yang nonton re-play nya saja bingung dengan apa yang mereka katakan (ditambah lagi stasiun ikan terbang setengah-setengah menerjemahkannya), apalagi yang malam itu menonton live ya?

Yah, setiap event pasti sulit untuk menjadi sempurna. Semoga saja kalau tahun depan digelar acara yang serupa nominasinya akan lebih 'internasional' dan bahasanya juga 'internasional'.

1 comment: