25 May 2012

[Belajar Bahasa Korea] Membalas Ucapan 'Terima Kasih'


Terima kasih 감사합니다 [gam-sa-hap-ni-da] atau 고맙습니다 [go-map-seum-ni-da] adalah kalimat yang sepertinya sangat sering kita ucapkan sehari-hari. Dalam bahasa Indonesia, jika ada yang berterima kasih kita akan menjawab 'Sama-sama'. Dalam bahasa Inggris, kita mengucapkan 'You're welcome atau Never mind'. Nah, bahasa Korea pun memiliki ungkapan tersendiri yang digunakan untuk membalas ucapan terimakasih seseorang.

Sayangnya, di beberapa buku yang mengajarkan Bahasa Korea seringnya tertulis bahwa ucapan untuk membalas 'Terima kasih' adalah 천만에요 [cheon-ma-ne-yo]. Saya juga mendapati hal seperti ini sewaktu membeli sebuah buku untuk belajar Bahasa Korea. Sayangnya, kalimat ini ternyata tidak natural diucapkan atau digunakan oleh orang Korea sehari-hari.

Untuk membalas ucapan 'Terima kasih', maka kita cuma perlu mengucapkan 아니에요 [a-ni-e-yo] atau 괜찮아요 [gwaen-chanh-a-yo]. Easy, right?! ^_^


Credit: talktomeinkorean

6 comments:

  1. how about "kamsa hamida", ??apa artinya sama = terima kasih, itu yang lebih sering dipake sehari2... ,tell me please, thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. penulisannya yang benar adalah Gamsahamnida, dibaca kamsa hamnita. Kalau di terjemahkan perhuruf memang tulisannya Gamsa hapnida, tetapi menurut tata bahasanya p/b itu untuk kata ini dibaca m.
      Admin tolong di koreksi kalau ada salah.
      terima kasih
      Hasan Chen

      Delete
    2. Mau g/k, sama saja karena tdk ada huruf romawi yag bisa mewakili pengucapan huruf Korea ㄱ. Makanya jangan heran ketika huruf ini ditulis, ada yang pake g ada juga yg pake k

      Huruf ㅁsudah jelas pengucapannya adalah M, Adapun huruf ㅂ(b) dan ㅍ(p). Untuk pengucapan kedua huruf ini, emang sangat mirip. jadi harus berhati-hati.

      Begitu yang saya tahu. maaf ilmu bahasa Korea saya juga masih sangaaaaat sedikit. Silahkan kunjungi langsung situsnya. talktomeinkorean.com. Download mp3 dan videonya biar lebih jelas ;)

      Delete
  2. Iya sama. Kalau u teman yang akrab biasanya cuma bilang 'gomawo' atau 'gomawoyo' (y ini lebih sopan) ^_^
    Begitu setahu saya.

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Iya, Gomapta juga bisa :) Yang perlu diingat adalah untuk bahasa yang sopan, katanya pakai akhiran -yo

      Delete