16 August 2011

Kampung Inggris part 2 (Puasa di Pare)

Ini Part 2 ya? Mau nulis apa ya? O iya ini saja, Puasa di Pare. Soalnya kemarin sempat dapat puasa di sana (8 hari pertama).

Suasananya? Wuiiih rame banget apalagi pas buka dan sahur. Jalanan macet dan kalau telat buat beli makanan untuk buka dan sahur, bisa-bisa tidak kebagian. Soalnya pada awal-awal puasa, masih banyak pendatang yang ada. Tapi pada 10 hari setelahnya umumnya sudah pada balik ke rumah masing-masing. Penjual juga banyak tapi biasanya sekitar jalan Dahlia dan Anyelir tuh yang rame pas sahur. Umumnya juga bentuknya prasmanan. Beli yang harga 5 ribuan juga sudah bisa puas kok.

Program belajar selama bulan Ramadhan ada yang berubah, terutama yang durasinya sebulan. Biasanya akan dipercepat. Jadi Sabtu dan Minggu yang biasanya libur tetap belajar. Kemarin saya ambil program di Elfast dan seperti itulah keadaannya. Jadinya susah punya waktu buat jalan-jalan. Habisnya kalau miss 1 pertemuan saja rasanya ketinggalan banyak banget. Untuk di camp, biasanya ada kegiatan entah malam atau setelah sahur. Kalau di camp saya kemarin, kami diberikan pilihan. Program hapalan dan speakingnya mau diadakan pas malam atau sahur. Sebagian besar penghuni milih pas setelah sahur. Itung-itung sambil tunggu waktu shubuh, dari pada tidur.

Tarawih adalah hal tidak terpisahkan dari Ramadhan. Sekedar info, tarawih di Pare kebanyakan berjumlah 20 rakaat. Buat yang berasal dari Sulawesi, mungkin akan kaget soalnya di sini biasanya tarawih hanya 8 rakaat. Terus nih, bacaannya, Ya Allah, cepeeeet banget (untuk mesjid di jalan Anyelir). Benar-benar balap euy! Bukannya mengeluh. I'm just trying to tell the truth and share the info. Terus tidak ada ceramah tarawih. Habis sholat Isya, langsung deh tarawih. Jadi sekitar jam 8, tarawih nya dah selesai. Tapi kata teman saya yang shalat di mesjid dekat SMART, bacaanya tidak secepat di tempat saya shalat dan ada ceramahnya. Hanya saja, the language is Java (full) ^^

Puasa di Pare menyenangkan karena setiap hari ada kegiatan. Jadi waktu tidak akan terasa. Tapi buat mereka yang bertahan sampai akhir-akhir Ramadhan, harus siap-siap dengan ke'sunyi'annya ya?!

0 comments:

Post a Comment