09 August 2014

Membuat Surat Keterangan Domisili Sementara

Surat keterangan domisili sementara adalah surat yang akan dibutuhkan oleh mereka yang kerja di sebuah kota namun KTPnya berdomisili luar daerah. Seperti saya. Saya bekerja di Makassar tapi KTP saya adalah KTP wilayah Palopo.

Buat mereka yang senasib dengan saya tidak perlu khawatir. Zaman tidak seperti dulu. Sekarang KTP bisa digunakan dimana saja. Tapi dengan syarat, harus ada surat keterngan domisili yang harus ikut dilampirkan dalam berkas saat akan mengurus, misalnya membuka rekening atau membuat NPWP.

Lalu apa yang dibutuhkan saat membuat surat ini? Hmm kalian harus siap-siap singgah di beberapa tempat. Mula dari RT – RW – Kantor Lurah.

1. Sebelum ke rumah Pak RT, siapkan foto copy KK dan PBB (yang ini kurang yang tahu) dari tuan rumah tempat kalian tinggal. Foto copy nya jangan satu lembar doang. Siapa tahu saja Pak RT/Pak RW nya ntar minta.

2. Lalu silahkan ke rumah Pak RT. Saat bertamu, bersikaplah seramah dan seakrab mungkin dengan beliau. Biar urusan bisa lebih lancar heheh.

3. Setelah mendapatkan surat pengantar dari Pak RT, kalian harus mengunjungi Pak RW lagi. Perlihatkan surat dari pengantar yang ada tanda tangan Pak RT tadi. Kalau bisa lakukan lagi saran pada poin ke 2, silahkan ;)

4. Jika sudah beres, silahkan ke kantor lurah. Harus kah surat dari RT dan RW tadi di foto copy? Kalau dari pengalaman saya sih tidak perlu. Karena nantinya yang akan dipakai adalah surat yang dari kantor Lurah.

5. Di kantor lurah, pegawai akan meminta ft copy KK dan PBB yang ada di poin 1. Dan juga, foto 3x4. Warna.

Jika sudah selesai, maka selesailah semuanya. Tidak lama asal ketiga orang penting di atas (Pak RT, Pak RW, dan Pak Lurah) ada di tempat. Adapun tentang biaya administrasi, hmm, siapkan saja dari rumah. Saya tidak tahu kebijakan setiap daerah seperti apa ;)

NB: surat keterangan ini hanya berlaku selama 1 bulan sejak tanggal pembuatan. Dan ini murni pengalaman pribadi saya ya, chingu. Kalau ada yang mau share pengalaman saat mengurus, boleh. Tulis di kolom komentar biar bisa jadi tambahan informasi buat yang lain. Terima kasih.

53 comments:

  1. Bayar gak sis waktu itu? Apa inisiatif sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg bayar hanya di RW. Biaya administrasi katanya. Sewaktu di kantor lurah saya juga mesti membayar walaupun seharusnya tidak perlu. Tapi kata pegawainya, ya sebagai ucapan terima kasih. Jadi bayar semampunya katanya :(

      Delete
  2. itu KK nya, KK daerah asal atau sudah KK Makassar, soalnya saya dimintai harus KK Makassar dan untuk membuat KK Makassar harus ada surat ket. pindah dari daerah asal. terima kasih mohon tanggapannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. KK Makassar. Saya tinggal di rumah kos jadi pinjam KK nya ibu kos sebagai lampiran. Jd KK yang perlu kita lampirkan itu KK tempat ta tinggal sekarang di Makassar

      Delete
    2. apa kk yang mba pinjam dari ibu kos ada nama mba? berarti tidak usah bikin kk baru kan? masa disuruh bikin kk baru

      Delete
    3. Tidak ada. Itu cuma sebagai bukti bahwa kita memang tinggal di sana. Dan alamat rumah di KK itulah yang nanti akan tertera di surat ket. domisili sementara yang dibuat :)

      Delete
  3. Itu lampiran yg disiapkan mesti pbb? Sy mahasiswa dari sidrap dan ingin membuat skck, tp sy tidak tau prosedurnya bagaimana dan hal" apa sj yg mesti disiapkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang paham kalau skck karena belum pernah buat di makassar. kemarin skck saya buat di daerah yang kebetulan ktp domisili sana. Setau ku SKCK juga agak ribet itu karena banyak lampiran berkasnya. termasuk foto, KK, ijazah terakhir dan harus ada surat pengantar kayaknya dari Lurah tempat tinggal.

      Delete
  4. Terimakasih Share pengalamannya. Bermanfaat sekali. kebetulan kita ada mau urus BPJS buat pembantu, karena jauh dari Jawa... ya mesti melampirkan surat ketrangan domisili.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama. Senang kalau informasinya membantu :)

      Delete
  5. Klau buat domisili di tempat tinggal baru mesti ada surat keterangan pindah ga dari tempat tinggal lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu g sekalian buat KTP saja ya? Kalau KTP, iya harus ambil surat ket. pindah dari tempat asal. kalau kemarin saya disuruh ngambil dari kator catatan sipil. G tau kenapa. Sampai sekarang juga sy belum ngambil heheh x_x

      Delete
  6. Numpang tanya mba. Sy kan tinggl di kos"an nya pak rw. Apa sy langsung ajj k rmah pak rw atau hrus ke pak rt dulu. Trima kasih atas info.a

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aturannya sih harus ke Pak RT dulu baru ke Pak RW. Tapi ngomong saja sama bapak kos. Kali saja bisa diberi kemudahan ;)

      Delete
  7. tidak bisa langsung urus di kelurahan saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung daerah tempat tinggal. Kalau kota besar, mungkin agak sulit karena harus sesuai prosedur. Entah kalau anda kenal seseorang di kelurahan. You know what I mean.

      Delete
    2. lewat pintu belakang :D
      you know what I mean :v

      Delete
  8. Sy baru" mau urus surat keterangan domisili tpi malah pegwainya disana suruh buat surat pindah dari daerah. Apakah ini tidak menyulitkan kita untuk mengusus surat keterangan domisili. Ini terjadi di Samata-Gowa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau juga nih. Tapi menurut saya sih harusnya itu tidak dibutuhkan. Toh kita g pindah selamanya dari daerah lama kan? Karena itu kita mau buat surat ket. domisili sementara di tempat tinggal yang sekarang. Tapi coba saja deh bertanya alasannya apa. Trus ntar di share biar yang lain juga tahu.Bisa jadi itu persyaratan terbaru.

      Delete
  9. Sy baru" mau urus surat keterangan domisili tpi malah pegwainya disana suruh buat surat pindah dari daerah. Apakah ini tidak menyulitkan kita untuk mengusus surat keterangan domisili. Ini terjadi di Samata-Gowa.

    ReplyDelete
  10. Surat keteranga domisili itu berlaku untuk 1 keluarga atau hanya nama yg tertera di surat tsb aja ya??
    Saya td buat surat domisili, yg d tulis cuma nama suami, sedangkan yg bth buat buka rek saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tahu juga mba. Saya sih buatnya untuk saya sendiri jadi nama di surat cuma satu. Coba saja dtanya ke kantor kelurahannya mba. Biar infonya lebih akurat.

      Delete
  11. Mau nanya nuh surat keterangan domisili ku sudah expired. Apakah bisa diperpanjang? Atau buat baru lagi (proses awal lagi ke rt rw dan kelurahan) ?

    ReplyDelete
  12. Mau nanya nuh surat keterangan domisili ku sudah expired. Apakah bisa diperpanjang? Atau buat baru lagi (proses awal lagi ke rt rw dan kelurahan) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf. Saya juga tidak tahu apakah ada yang namanya perpanjangan surat domisili sementara :(

      Delete
  13. Saya kemarin ngurus surat keterangan domisili tapi ditolak sama pak RT nya alesannya karna saya belum netap 6 bulan disini? Apa itu benar?
    Kalo emng iya punya solusinya gak? Soalnya lagi btuh bgttttt buat kerjaa , mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada ya persyaratan kayak gitu? Kemarin saya bisa ngurus surat domisili padahal usia tinggal belum genap sebulan kok. Pak RTnya care banget sampai tahu sejak kapan tinggalnya heheh *peace

      Delete
  14. Saya jg mau ngurus surat keterangan domisili di Mks, tp di rumah tidak ada yang punya KK Mks. Kalo KK dr daerah, bisa tdk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak bisa itu karena KK adalah salah satu persyaratan utama. Buat saja. Tidak lama itu. Teman saya buat KK sndiri. Masih single. Jd hanya nama dia di dalam KK itu :D

      Delete
    2. Prosesnya lama tidak membuat Kk sendiri mbak?

      Delete
    3. Prosesnya lama tidak membuat Kk sendiri mbak?

      Delete
    4. Kurang tau mba kalau KK. Maaf.

      Delete
  15. Mbak.. Saya di Baru kerja di jkt. Sendiri. Kalau saya tinggal di koskosan dan nggak ada Bapak Kos yg bisa kita pinjm KKnya.. Lalu gimana mbak? Saya harus pinjam kk siapa?? 😒😒😒 Makasi ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kurang tahu juga tuh mba. Soalnya KK itu kan menunjukkan alamat tinggal saat ini. Biasanya sih kita minjam KK keluarga yg tnggal di kota tersebut tapi artinya ntar alamat untuk NPWP adalah alamat di KK itu. CMIIW.

      Delete
    2. Kamu pinjam aja kknya kkmu..pasti ada..hehehe

      Delete
    3. Kamu pinjam aja kknya kkmu..pasti ada..hehehe

      Delete
  16. Mba buat surat domisili di kota asal kita brrti ya? Mslnya kota asal di padang sdgkan aku kuliah di medan
    Brrti buat di padang surar domisili nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan mba. Surat domisilinya dibuat di tempat tinggal sekarang.

      Delete
    2. saya mau bikin kartu kuning,apa bisa menggunakan surat domisili sementara,makasih

      Delete
    3. Maaf. Saya belum pernah urus kartu kuning. Soalnya kemarin waktu daftar kerja, tidak disyaratkan untuk melampirkan itu.

      Delete
  17. Alhamdulillah infonya sangat membantu dan tidak perlu ribet ke Bali untuk urus NPWP dan Buka rekening.. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2. Alhamdulillah kalau infonya bermanfaat.

      Delete
  18. ko buat domisili yang baru mesti harus ada surat pindah dari tempat tinggal lama kak,,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekarang harus ada. Bulan ini (Maret) saya jg mau buat tapi karena harus ada surat ket pindahnya, jadi ya mending buat ktp saja langsung. Drpada surat ket. domisili dan berlakux cuma 3 bulan.

      Delete
  19. Hallo kak. mau tanya untuk membuat surat domisili apakah perlu membuat ktp sementara? karena di kemayoran di minta membuat ktp smentara...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebanarnya postingan di atas sudah tidak berlaku karena sudah ada aturan baru. Iya sekarang walaupun cuma tinggal sebulan warga sudah diminta untuk membuat surat pindah dari domisili lama ke domisili baru. Kemarin itu yang disampaikan Pak Lurah saya di domisili yang baru. Dari situ nanti surat pindahnya dibawa ke kantor lurah lalu ke kantor camat untuk buat KTP baru (umumnya sih sekarang cuma berbentuk KTP sementara karena itu loh kartunya lg g tahu habis karena apa. Jadinya cuma dalam bentuk kertas selembar nanti KTP sementaranya)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. jd kak utk buat surat domisili, ga perlu lg pake kk tempat kita tinggal. ga perlu ke RT sama RW. sekarang cm hrs pake surat pindah dr domisili lama ke domisili baru. jd hrs urus surat nya di kampung dulu la ya kak. setelah itu baru bisa diurus surat domisilinya dikantor lurah

      Delete
  20. Makasih infonya tpi saya bingung gan kk domisili sekarang saya tinggal nik ktp nya beda dengan nik ktp sekarang di palopo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kagak boleh beda NIK di KTP dan KK. Cepat melapor ke kantor lurah. Jangan sampai kamu dianggap punya dua KTP.

      Delete