09 August 2014

NPWP: Nama Salah Ketik

Pada postingan sebelumnya, saya menulis bagaimana cara membuat NPWP untuk peribadi. Kali ini saya mau menulis bagaimana jika ada kesalahan pada kartu NPWP yang diterima.

Saya isa menulis seperti ini karena saya sudah mengalaminya. Dengan begini, saya ingin kembali men-share pengalaman yang saya temui di lapangan *jiaahhh :D

Setelah mengurus NPWP di kantor pajak, petugas akan mengatakan bahwa kartu akan dikirim ke alamat tempat tinggal (tapi ada beberapa daerah yang mengatakan bahwa kartu bisa langsung diambil).

Selang beberapa hari, kartunya datang. Sayang nama saya salah. Nama lengkap saya MARDIYANAH NASTA. Tapi yang tercetak di kartu adalah MARDIYANA MASTA.

Saya pun segera konsultasi dengan Empu Google. Artikel-artikel yang diberikan menuliskan bahwa perubahan pada kartu NPWP bisa dilakukan di kantor pajak dengan mudah. Benarkah? Well pengalaman saya menjawab IYA.

Saya pun kembali mencari apa yang perlu saya persiapkan sebelum ke kantor pajak (soalnya tidak ada teman yang tahu karena mereka tidak mengalami hal seperti ini). Dan yang perlu dibawa adalah kartu NPWP yang salah dan KTP. Itu saja.

Kembali saya sarankan untuk datang agak pagi agar tidak antri dan pelayanan lebih memuaskan :)

Saat bertemu petugas, kalian akan diminta untuk mengisi sebuah form. Jangan khawatir petugas akan mencarikan dan menjelaskan apa-apa saja yang perlu diisi. Kalau mereka tidak menjelaskan, tanya dong. Jangan bengong heheh.

Setelah diisi, setor kembali form tersebut dan petugas akan langsung mencetak kartu baru. Selesai. Mudah kan?

NOTE: nomor wajib pajak kalian tidak akan berganti. Yang berubah hanya nama (atau alamat atau apalah yang salah)

0 comments:

Post a Comment