02 July 2012

Korea dan Operasi Plastik


Semua pecinta drakor (Drama Korea) atau K-pop pasti dah tahu lah kalau sebagian besar artis Korea tuh adalah produk Oplas (Operasi Plastik, red). Sampai-sampai kita jadi tidak tahu dengan pasti siapa yang cantik/tampan karena tangan Tuhan dan siapa yang cantik/tampan karena tangan manusia.

Katanya nih, operasi plastik tuh mulai mendapatkan kepopulerannya sejak akhir tahun 2003/awal tahun 2004, sejak hallyu wave mulai berkembang. Katanya wajah yang sempurna tanpa cacat itu adalah wajah yang berbentuk V, mata besar, hidung mancung, dan dahi yang bervolume penuh.

Saking terobsesinya masyarakat Korea dengan oplas, mereka (katanya) bahkan punya motto, “Mending miskin daripada jelek.” (Innalillah) Kalimat ini beralasan karena ternyata wajah cantik/tampan adalah salah satu poin penting dalam mencari pekerjaan. Hal ini diakui oleh warga Korea sendiri (pernah kok diberitain di acara Bukan Jalan-Jalan Biasa nya TV One saat mereka berkunjung ke Korea). Kalau mau lihat lebih detail (scary buat saya membacanya) bagaimana konsep cantik ala siswi di Korea sana, silahkan baca di sini.

Well, seperti apa sih wajah cantik yang diperoleh dari Operasi Plastik yang mereka agung-agungkan itu?

1. Mata bulat dengan double eyelid (mata punya lipatan)



Kalau kalian punya teman yang keturunan Tionghoa, mungkin kalian akan melihat kalau jarang diantara mereka yang punya double eye lid. Begitu juga dengan orang Korea. Namun, ternyata bagi mereka salah satu konsep cantik itu adalah memiliki double eyelid.

Cara lain dalah dengan memperbesar kelopak mata. Mau tahu caranya? Baca di sini saja

Kayaknya untuk yang satu ini, kita orang Indonesia bisa berbangga karena memilikinya langsung dari Tuhan.

2. Wajah berbentuk V

Wajah ini bisa diperoleh dengan operasi rahang.

Pada dasarnya, orang Korea itu memiliki rahang yang kotak atau bulat, dan lebar dengan tulag pipi yang menonjol. Sementara salah satu wajah sempurna adalah berwajah kecil. Nah, dengan oplas diharapkan wajah berbentuk V ini bisa didapat. Nih perubahan yang terlihat sebelum dan sesudah oplas.



3. Operasi hidung


Selain mata besar dan rahang yang berbentu V, orang korea juga mengidamkan hidung mancung lurus dan tidak bengkok serta mungil layaknya boneka. Operasiya bisa dengan penambahan silikon, atau mengecilkan nostril (lubang hidung) atau meluruskan hidung yang bengkok.

4. Menambahkan volume dahi


Dahi yang lebih berisi dan tinggi ternyata lebih diminati di Korea sana. Untuk cara ini, cukup ditambahin silikon. Katanya harganya lebih terjangkau namun juga beresiko (ya iya lah. Namanya juga buatan manusia. Tidak akan mungkin sesempuran pemberian Tuhan.)

Saya ngeri sendiri kalau ngebayangin wajah saya di bedah sana sini, terus dimasuki alat, dan kawan-kawannya. Tapi yah, itu lah. Masyarakat (lingkungan) memang sangat mempengaruhi pola pikir kita. Alhamdulillah saya hidup di negara yang bisa menerima saya apa adanya, yang lebih melihat inner dibanding outer beautynya.

Yang jadi pertanyaan di kepala saya adalah, jika ada dua sejoli yang wajahnya sempurna tapi hasil oplas terus nikah, tidakkah anak-anak mereka nanti akan berpikir bahwa mereka itu hanyalah anak pungut/adopsi lantaran wajah orang tua mereka yang sangat sempurna namun wajah mereka tidak demikian??????? Kan si anak akan mewarisi gen dari si orang tua, bukannya silikon yang disusupin ke wajah????? Ya nggak?!


Sumber: asfansclub.com

1 comment:

  1. Bener tuh yg akhir,, mending bersyukur deh sama Sang Pencipta yaitu Allah SWT

    ReplyDelete