02 October 2011

Dua Sudut Pandang

Saya memutuskan judulnya seperti itu. Semoga sesuai dengan cerita saya berikut ini.

Saat berkendara, pasti kalian sering tercegat di lampu merah. Kira-kira pemandangan seperti apa yang sering kalian dapati? Pengamen? Pedagangan Asongan? Atau Pengemis? Hari itu saya menjumpai pengamen. Lagunya tidak begitu saya tahu tapi suaranya lumayanlah. Karena terpikir bahwa orang ini bekerja untuk mendapatkan uang (bukan hanya 'meminta'), saya pun tergerak untuk memberikan selebaran. Yah tidak seberapa lah.

Setelah memberikan uang tersebut, dia pun pergi. Tiba-tiba penumpang lain ada yang nyeletuk, 'Langsung pergi pas di kasih' (dengan logat khas Makassar). Saya sedikit terhenyak. Itukah yang penumpang itu niatkan jika seandainya dia yang memberikan uang itu? Sekedar untuk menyuruh pengamen itu pergi?

Bukannya mau sombong dan semoga saya tidak riya', hanya saja pikiran seperti itu hanya membuat kita tidak akan mendapatkan apa-apa. Memang akan lebih baik jika kita selalu ber-positive thinking atas segala sesuatu. Toh, seperti yang saya tulis sebelumnya, pengamen itu 'berjuang' untuk mendapatkan uang itu. Setidaknya itu akan lebih baik dari pada mengemis atau mencuri.

What do you think?

0 comments:

Post a Comment