04 January 2012

Kata 'Haram' buat Seorang Guru


Ada satu kata yang sangat HARAM diucapkan oleh seorang Guru. BODOH. Ya, kata ini sebisa mungkin jangan sampai terlontar dari mulut mereka yang menganggap diri mereka guru. Bahkan, jika mendengar ada diantara siswanya yang mengatai siswa lain dengan BODOH, seorang guru harus segera bereaksi agar hal tersebut tidak terulangi.

Siapa sih yang mau menjadi orang BODOH? Lalu apakah jika anak itu kita anggap bodoh, maka dia sama sekali tidak punya harapan? Tentu tidak. Mungkin di mata pelajaran yang kita ajarkan dia katakanlah 'kurang' (agak lambat dalam memahami pelajaran). Tapi tidak berarti dia bodoh di mata pelajaran lain kan?

Saya punya pengalaman dengan tiga siswa SD yang privat dengan saya. Salah satu diantaranya lumayan lambat dalam menangkap pelajaran sehingga saya harus mengulangi penjelasan saya-terkadanga sampai 3 kali-baru kemudian dia mengerti. Mungki karena saking bosan mendengar saya mengulang hal yang sama, salahs seorang temannya lalu mengatai anak itu dengan 'BODOH'. Tentu saja, itu menjadi hal yang tidak mengenakkan. Bukan saja bagi anak itu, tapi juga buat saya.

Sebenarnya anak yang dikatai 'bodoh' itu tidaklah sebodoh yang temannya aggap. Karena ternyata dia adalah anak yang perlu pemahaman mendalam sebelum bisa mengerti akan sesuatu. Dan hasilnya, di saat saya mengulang pelajaran sebelumnya justru dia lah yang masih mengingat apa pernah dia pelajari, sementara kedua temannya tadi lupa.

See?! Memang tidak mudah menjadi seorang guru. Apalagi dengan jumlah siswa yang banyak dan tingkat kemampuan untuk menyerap pelajaran yang berbeda. Walau begitu, janganlah dan cegahlah agar kata BODOH itu tidak keluar dari mulut Anda atau pun siswa Anda.

0 comments:

Post a Comment