23 April 2011

Bagaimana Sistem Pembayaran Band-Band Korea?

Buat para pecinta grup-grup Korea, mungkin ada yang penasaran bagaimana member dari tiap-tiap grup mendapatkan bayaran. Apalagi kita tau kalau member-membernya itu banyak yang punya kegiatan sendiri. Ada yang jadi Radio DJ, main di serial drama, atau ikut reality show. Kira-kira bayaran yang mereka dapat, hanya dinikmati sendiri atau di-share sama member lain?

Sebagai contoh adalah si Nickhun 2PM. Dia syuting sebuah iklan es krim di Korea dan juga iklan minuman di Tailand. Lalu saat kembali ke Korea dan kembali muncul di beberapa show dan juga membintangi sebuah drama TV. Nah, dari semua pekerjaan yang di lakoni, bagaimana sistem pembayaran honor yang diterima Nickhun?

Begini, untuk iklan es krim di Korea dan berbagai program di TV, honor yang diterima akan dibagi juga ke 5 member 2PM yang lain. Namun, honor dari iklan di Thailand dan drama yang dia bintangi akan dia pegang seutuhnya, tanpa di-share. Hal ini sesuai dengan kontrak yang ditandatangani oleh ke-6 anggota 2PM dan JYP Entertainment. Semua honor yang Nickhun dapat dari program individu yang dia lakoni harus dibagi kecuali saat dia membintangi drama TV atau mendapat pekerjaan di kampung halamnnya, Thailand. Sistem yang sama juga berlaku buat member yang lain.

JYP dan Cube Entertainment juga menganut sistem bagi hasil yangs serupa. Menurut perwakilan dari JYP, "Jika seorang member mendapatkan program individu, itu karena dia adalah member dari sebuah grup idola." Oleh karena itu, pembyarannya haru dibagi sama rata kepada semua orang yang membentuk grup tersebut, yang tidak lain adalah member yang lain. Akhir-akhir ini, Gi-kwang BEAST dan Hyuna 4minute yang mendapatkan solo job juga tetap harus menshare honor yang dia dapat.

Tapi bagaimana dengan grup yang anggotanya 9? 10? atau 13? Sistem pembayaran yang sama akan menimbulkan situasi yang comlicated. SM Entertaintment yang dikenal memiliki enterteiner yang multi-task memiliki sistem yang berbeda. Beberapa grup yang ada di bawag naungannya mememiliki satu atau dua member yang lebih populer dibanding member yang lain. Sebagai contoh, Yoona dan Tae-yeon dari SNSD atau Kim Hee-chul dan Lee-tuk dari Super Junior. Seorang perwakilan dari SM Entertainment memberitahukan bahwa, "Karena perbedaan jumlah honor antara yang tertinggi dan terendah di Super Junior sangat besar, hubungan mereka agak sedikit canggung."

Untuk Pledis Entertainment yang menaungi After School dan Core Contents Media yang menaungi T-ara, setiap member menyimpan honor yang mereka dapat sendiri. Akan tetapi, saat bintang-bintang tersebut muncul di berbagai program, Core Content Media akan memegang keseluruhan honor. Menurut company, hal ini karena kemunculan dari berbagai program juga bertujuan untuk mempromosikan album grup-gruo tersebut. Selain itu, pembayaran per episode yang tidak begitu besar juga tidak menjadi masalah bagi gadis-gadis itu.

Jadi sistem pembayaran mana yang lebih 'baik'? Orang dalam perusahaan menjelaskan, "Sistem apa pun yang Anda gunakan, tetap akan ada keluhan. Untuk sistem yang mengharuskan member berbgai honor, member yang memiliki jadwal yang cukup padat yang akan banyak mengeluh. Dan untuk sistem pembayaran dimana tiap member memegang sendiri honor yang didapat, member yang kurang begitu popular yang akan banyak keluhan. Ini lah yang menjadi salah satu alasan kenapa sebuah grup mudah terbentuk tapi juga mudah terpisah."


Source: HanWeeklyCinema.com

1 comment: