24 April 2011

Level 1 Box 18: Kalimat Negative

1. Tambahkan 안 [an] sebelum kata kerja
2. Gunakan akhiran지 않다 [ji an-ta] setelah kata kerja

Cara #1 lebih sederhana dan lebih sering digunakan sehari-hari dan cara #2 lebih relatif formal walaupun tidak berarti HANYA digunakan untuk situasi formal. Cara #1 lebih mudah karena bisa digunakan dalam tenses apa pun tanpa perlu mengubah bentuknya.

Contoh #1:

1. 가다 [ga-da] = pergi
집에 가요. [jib-e ga-yo] = saya pulang ke rumah
집에 안 가요. [jib-e an ga-yo] = saya TIDAK pulang ke rumah
집에 안 가요? [jib-e an ga-yo?] = kamu TIDAK pulang ke rumah?

2. 버리다 [beo-ri-da] = membuang
그거 버렸어요. [geu-geo beo-ryeo-sseo-yo] = saya membuangnya
그거 안 버렸어요. [geu-geo an beo-ryeo-sseo-yo] = saya TIDAK membuangnya
그거 아직 안 버렸어요. [geu-geo a-jik an beo-ryeo-sseo-yo] = saya BELUM membuangnya.


Contoh #2:
지 않다 [ji an-ta] merupakan bentuk dasar jadi saat digunakan harus disesuaikan dengan tense kalimat.

Present tense: 지 않아요 [ji a-na-yo]
Past tense: 지 않았어요 [ji a-na-sseo-yo]

1. 가다 [ga-da] = pergi
가지 않다 [ga-ji an-ta] = untuk TIDAK pergi
가지 않아요 [ga-ji a-na-yo] = saya TIDAK pergi
가지 않았어요 [ga-ji a-na-sseo-yo] = saya TIDAK pergi (lampau)

2. 버리다 [beo-ri-da] = membuang
버리지 않다 [beo-ri-ji an-ta] = untuk TIDAK membuangnya
버리지 않아요 [beo-ri-ji a-na-yo] = saya TIDAK membuangnya
버리지 않았어요 [beo-ri-ji a-na-sseo-yo] = saya tidak membuangnya (lampau)

Contoh dialog sederhana:
1. 아파요 [a-pa-yo] = sakit
A: 아파요? [a-pa-yo?]
B: 안 아파요. [an a-pa-yo]
A: 안 아파요? 진짜 안 아파요? [an a-pa-yo? jin-jja an a-pa-yo?]
B: 안 아파요. [an a-pa-yo]

2. 맛있어요 [ma-si-sseo-yo] = enak ; 먹다 [meok-da] = makan
A: 안 먹어요? [an meo-geo-yo?]
B: 안 먹어요! [an meo-geo-yo!]
A: 정말 안 먹어요? 맛있어요! [jeong-mal an meo-geo-yo? ma-si-sseo-yo]
B: 안 먹어요. 배 안 고파요. [an meo-geo-yo. bae an go-pa-yo]

3.
A: 이거 매워요? [i-geo mae-wo-yo?] = Is this spicy?
B: 아니요. 안 매워요. [a-ni-yo. an mae-wo-yo] = No. It’s not spicy.
A: 진짜 안 매워요? [jin-jja an mae-wo-yo?] = It’s really not spicy?
B: 네. 안 매워요. [ne. an mae-wo-yo] = No, it’s not spicy.


Source: talktomeinkorean.com

0 comments:

Post a Comment