28 November 2010

Harry Potter and the Deathly Hallows: Book vs Movie

Film ke-7 Harry Pottter sudah dirilis beberapa hari yang lalau. Walaupun sudah dibagi menjadi dua, tetap saja ada perbedaan antara novel dan bukunya.

1. The Opening
Novel: diawali dengan Voldemort yang bertemu dengan Pelahap Mautnya di malam hari
Film : Diawali dengan pernyataan dari Menteri Sihir, Scrimgeur

Walaupun beda tapi keduanya memberikan symbol kalau Dunia sihir dan Muggle sedang berada dalam Kegelapan

2. The Dursleys
Novel: Ada 1 bab khusus yang menceritakan proses keberangkatan Keluarga Dursley. Bahkan diceritakan tentang perubahan sikap Dudley kepada Harry dan tatapan aneh Petunia kepada kemenakannya sebelum dia keluar dari rumahnya di Privet Drive
Film : Hanya ada adegan dimana Harry mengantarkan keluarga Dursley ke mobil mereka. Tidak ada adegan dimana Harry hanya tnggal seruangan berdua dengan Petunia.

3. Hermione
Novel: Kisah Hermione yang menghapus memori orang tuanya hanya diucapkan dalam pengggalan dialog.
Film : Ada adegan dimana penonton bisa melihat dengan jelas wajah kedua orang tuan Hermione dan juga kamar tidurnya. (Scene ini lumayan menyentuh)

4. Stan Shunpike vs Hedwig
Novel: Saat pengejaran, Harry yang asli ketahuan karena memantari Stan (kernet Bis Ksatria) dengan mantra Pelucut Senjata "Expelliarmus". padahal Pelahap Maut mengaggap hal itu sebagai ciri khas Harry.
Film : Tidak ada Stan. Adapun penyebab Harry sampai ketahuan adalah Hedwig. Hedwig menlong Harry dengan cara menyerang Pelahap Maut yang mengejarnya. Saat itu juga dia menemui ajalnya.

5. The Burrow
Novel: Pada malam pemindahan, Harry akan tiba di rumah orang tua Tnks. Dari sana baru dia akan pergi ke The Burrow menggunakan Portkey.
Film : Harry dan Hagrid langsung tiba di The Burrow.

6. Kissing
Novel: Ketika Harry dan Ginny berciuman, Ron-lah yang memergoki mereka. Selain itu, suasana yang tercipata saat itu lumayan tegang,
Film : George-lah yang memergoki mereka berciuman dan kejadian itu mengundang tawa, bukannya ketegangan.

7. Harry's Birthday Party
Novel: Keluarga Weasley masih sempat merayakan ulang tahun Harry yang ke-17. Harry juga mendapatkan kue ulang tahun raksasa berbentuk Golden Snitch.
Film : Tidak ada pesta dan hadiah ulang tahun yang diterima Harry.

8. The Wedding
Novel: Selama pesta pernikahan Bill dan Fleur Harry menyamar sebagai sepupu jauh Ron untuk menghindari jika ada hal buruk terjadi. Selain itu, Viktor Krum juga hadir dalam acara tersebut.
Film : Harry tetap enjadi dirinya dan minus Viktor.

9. R.A.B
Novel: Di Grimmauld Place, sebelum mengetahui siapa itu R.A.B, Harry menemukan potongan surat yang ditulis ibunya kepada Sirius. Selain itu, Harry-lah yang pertama kali menyadari siapa itu R.A.B
Film : Surat Lily tidak dimunculkan dan yang menyadari siapa itu R.A.B adalah Ron

10. Kreacher
Novel: Harry akhirnya memperlihatkan sikap yang sedikit lunak kepada Kreacher saat memintanya mencari dan membawa Mundungus zfletcher yang sudah mencuri liontin Horcrux ke hadapannya.
Film : Tidak ada perubahan sikap dari Harry dan saat Kreacher kembali membawa Mundungus, dia datang bersama Dobby (peri rumah yang muncul di film ke-2)

11. Lupin's Arrival
Novel: Diceritakan dalam penantiannya akan kembalinya Kreacher, Lupin mampir ke Grimmauld Place. Dia membujuk Harry agar mau mengikutsertakan dirinya dalam pencarian mereka. Terjadi pertengkaran antara Lupin dan Harry saat Harry tahu kalau ternyata keinginan Lupin itu lebih didasari karena ia ingin meninggalkan Tonks.
Film : Adegan ini sama sekali tidak ada.

12. The Dance
Novel: Hubungan antara Harry dan Hermione sepeninggal Ron tidak begitu baik. Ada kekakuan yang tercipta di antara mereka.
Film : Dimunculkan adegan dimana Harry berusaha menghibur Hermione dengan cara mengajaknya berdansa (I love this scene).

13. Godric's Hollow
Novel: Harry dan Hermione pergi ke GOdric's Hollow dengan menyamar sebagai sepasang suami istri
Film : Harry dan hermione pergi tanpa penyamaran. Scene saat Harry berdiri di depan makam James dan Lily Potter juga merupakan salah satu scene terfavoritku.

14. Peter Pettigrew
Novel: dia tewas karena harus membayar hutangnya (disebutkan dalam Harry Potter and the Prisoner of Azkaban).
Film : dia hanya pingsan (sepertinya). Entah bagaimana nantinya dia akan berakhir.

0 comments:

Post a Comment