27 January 2011

Level 1 Box 12: I (don't) have...

Ada dua ekspresi yang akan dipelajari kali ini, yaitu punya dan tidak punya atau EXIST dan DON’T EXIST.

Saya punya / I have / saya di sini = 있어요 [i-sseo-yo]
Saya tidak punya / I don’t have / saya tidak di sini = 없어요 [eop-sseo-yo]

Contoh:
Teman = 친구 [chin-gu]
Saya punya teman = 친구 있어요 [chin-gu i-sseo-yo]
Kau punya teman? = 친구 있어요? [chin-gu i-sseo-yo?] ------> naikkan intonasi suara di akhir kalimat

Waktu = 시간 [si-gan]
Saya tidak punya waktu = 시간 없어요 [si-gan eop-sseo-yo]
Saya tidak punya waktu = 시간 없어요 [si-gan-I eop-sseo-yo] ----> digunakan untuk menjawab pertanyaan ‘kenapa tidak datang?’
Saya tidak punya waktu = 시간 없어요 [si-gan-EUN eop-sseo-yo] ----> artinya saya punya yang lain selain WAKTU

Ekspresi tambahan:
Menyenangkan = 재미 [jae-mi]
TTMIK menyenangkan / menarik / is interesting = TTMIK 재미있어요! [TTMIK jae-mi-i-sseo-yo]
It’s not interesting / tidak menarik = 재미 없어요 [jae-mi-eop-sseo-yo]

Dapatkan materinya dalam bentuk audio di sini


Source: talktomeinkorean.com

0 comments:

Post a Comment