07 January 2011

Level 1 Box 2: Yes or No

Ne dan aniyo adalah jondaetmal, polite language (bahasa yang sopan/formal). Walaupun umumnya ne diartikan Ya dan aniyo diartikan Tidak, kedua kata ini lebih tepat menyatakan persetujuan (agreement) dan penolakan (disagreement) tentang apa yang seseorang katakan. Jadi akan lebih tepat jika:

네 [Ne] = saya setuju, kedengarannya bagus, that’s right, what you said is correct.
아니요 [Aniyo] = saya tidak sependapat/setuju, that’s not right, I don’t agree, what you said is not correct

Jika seseorang bertanya, “Kau tidak suka kopi?” 커피 좋아해요? [keo-pi an jo-a-hae-yo?] dan kalian memang TIDAK suka kopi, maka kalian harus mengucapkan NE. Tapi jika SUKA, maka jawablah dengan ANIYO.

Contoh :
커피 좋아해요? [Keo-pi jo-a-hae-yo?] = Anda suka kopi?
네. 좋아해요 [Ne. jo-a-hae-yo] = Ya, saya suka kopi.

커피 좋아해요? [keo-pi an jo-a-hae-yo?] = Anda tidak suka kopi?
아니요. 안 좋아해요 [Aniyo. Jo-a-hae-yo] = (Tidak) saya suka kopi

atau

네. 안 좋아해요. [ne. an jo-a-hae-yo] = Ya, saya tidak suka kopi.

Selain bermakna persetujuan (Ya atau that’s right), kata ne memiliki multifungsi. Kata ini sangat sering digunakan saat dua orang Korea berbicara karena dia digunakan sebagai pengisi dalam percakapan tersebut (conversation filler). Contoh:
A: Kemarin saya beli buku.
B: ne
A: saya sangat suka buku itu
B: ne
A: sayangnya, harganya lumayan mahal.
B: ne
A: Kau mau tahu berapa harganya?
B: Memangnya harganya berapa?
A: 100.000
B: ne? (dengan nada kaget versi korea ^^)
A: Jadi aku membayarnya dengan kartu kredit
B: ne… (untuk mengetahui perbedaan bunyi/tone dari kata ne dalam percakapan di atas, akan lebih baik kalau mendengarkannya sendiri dalam rekaman yang disediakan-GRATIS)

Kata Ne pun bisa digunakan untuk menjawab panggilan seseorang. Misalnya ada yang memanggil, “Diana-shi” maka saya bisa menjawab panggilan itu dengan “Ne”.

Selain itu, kata Ne juga bisa digunakan untuk mengatakan ‘Pardon me?’ atau ‘I’m sory’ atau ‘apa?’ saat Anda tidak mendengar jelas apa seseorang katakan atau saat terkejut.

Contoh:
A: Saya punya hadiah untukmu
B: Ne?
A: Ada hadiah buat kamu
B: Ne?
A: Sudahlah.
B: Ne?

Dari penjelasan di atas, bisa dilihat kalau Ne memiliki multi fungsi.

Jadi bagaimana jika kita memang ingin MEMBENARKAN sesuatu, tidak hanya sekedar seperti sebuah anggukan atau sahutan? Biasanya, orang Korea akan menambahkan kata ma-ja-yo. Sehingga jadinya 네, 맞아요 [Ne, ma-ja-yo.] (Ya, itu betul/Yes, that’s right)

Dapatkan materinya dalam bentuk pdf dan mp3 di sini.


Source: www.talktomeinkorean.com

0 comments:

Post a Comment