27 January 2011

Level 1 Box 14: I want to...

Kali ini, kita akan belajar mengucapkana ‘Saya mau…’ atau dalam bahasa Inggris ‘I wan to…’
Rumusnya: ...-고 싶어요 […-go si-peo-yo]
Berikut beberapa kata kerja (verb) dalam bahasa Korea:

가다 [ga-da] = to go
보다 [bo-da] = to see
먹다 [meok-da] = to eat

Jika dimasukkan ke dalam rumus:
Saya mau pergi = 가고 싶어요 [ga-go si-peo-yo] (hilangkan huruf ‘다 [da]’ nya)
Saya mau makan = 먹고 싶어요 [meok-go si-peo-yo]

Berikut contoh percakapan sederhana:
A : 뭐 먹고 싶어요? [mwo meok-geo si-peo-yo?] (Mau makan apa? / what do you want to eat?)
B : 햄버거 먹고 싶어요 [haem-beo-geo meok-go si-peo-yo] (Saya mau makan hamburger)

Atau kalau mau nambah 더 [deo], ucapkan

B : 더 먹고 싶어요 [deo meok-go si-peo-yo] (Saya mau lagi)

atau

B : 더 주세요 [deo ju-se-yo] (Tolong beri saya lagi) ----> Ingat pelajaran sebelumnya tentang ju-se-yo

NOTE: di drama Korea sering terdengar 보고 싶어요 [bo-go si-peo-yo]. Arti dari 보 [bo] adalah melihat. Jadi arti harfiah dari bo-go si-peo-yo adalah saya ingin melihat/menonton. Tapi sehari-sehari, ungkapan ini berarti saya rindu (I miss you). Omma, bo-go si-peo-yo.

Akan lebih baik jika kalian mendengarkan juga audionya. Bisa didownload di sini.


Source: talktomeinkoran.com

0 comments:

Post a Comment