10 January 2011

Bukan Jalan-Jalan Biasa TvOne

Kembali kemarin malam Bukan Jalan-Jalan Biasa (BBJB) TvOne kembali ke Jepang setelah sebelumnya pernah menyiarkan seorang Indonesia yang berhasil menjadi juragan tempe di Jepang. (Saya pernah menulis tentang itu di sini) Kali ini, BJJB mengajak pemirsanya melihat pementasa gamelan yang murni dimainkan oleh orang-orang Jepang yang sayangnya tidak dihadiri (satu pun) oleh orang Indonesia (ckckckck) dan juga dua orang Indonesia yang berhasil menaklukkan Jepang.

Yang pertama adalah Bapak Professor Ken Soetanto. Beliau adalah seorang dosen di Waseda University (aduh saya lupa jabatan yang dia pegang di kampus itu). Beliau memiliki 4 gelar Doktor (wow) di empat bidang yang berbeda (wowwwwww), yaitu farmasi, kedokteran, teknik, dan pendidikan (tidak tahu mau berekspresi seperti apa lagi). Beliau sudah 36 tahun di Jepang dan masih mempertahankan kewarganegaraan Indonesianya (salut!). Saat ini beliau lebih banyak memberikan mata kuliah yang memberikan motivasi kepada mahasiswanya. Lucu saat mendengar hal ini. Orang Indonesia memberikan motivasi kepada orang Jepang? Hmm..bahkan Alvito sendiri tidak percaya hehehe....

Yang kedua adalah seorang pemuda bernama Batara Kusuma asal Sumatera. Dia adalah pencipta status jejaring sosial buat orang Jepang yang bernama mixi. Dia ke Jepang saat berumur 20 tahun dan magang di salah satu perusahaan di sana. Seorang pekerja magang yang kemudian menjadi direktur. Wow... Sayangnya dia sekarang adalah warga negara Jepang. Katanya sih biar prosesnya lebih mudah saat mengurus sesuatu. Tapi dia berencana kok untuk kembali ke Indonesia.

Salut banget sama BJJBtvOne karena menampilkan sisi yang berbeda dari sebuah negara. Kalau siaran lain hanya menampilkan keindahan negeri itu, BJJB berusaha mencari sesuatu yang bisa menginspirasi banyak orang, misalnya dengan menampilkan orang-orang Indonesia yang bisa unjuk gigi di negeri asing itu.

Saat menonton acara ini, saya sangat terharu dan senang melihat keberhasilan orang-orang itu. Hmmm....giliranku kapan ya? Semoga saya punya kesempatan itu...Amin

0 comments:

Post a Comment