09 January 2011

Level 1 Box 1: Hallo dan Terima Kasih

안녕하세요. [An-nyeong ha-se-yo]

An-nyeong ha-se-yo adalah cara umum dalam menyapa seseorang di Korea dan untuk meresponnya cukup ucapkan sapaan yang sama. Mungkin, kalian juga pernah mendengar An-nyeong ha-si-mika. Ungkapan ini hanya dipakai pada sitauasi yang sangat formal. Jadi saat menyapa teman, ungkapan ini tidak digunakan.

감사합니다. [Gam-sa hap-ni-da]

Gam-sa hap-ni-da adalah cara umum untuk mengungkapkan terima kasih (gratitude). Tidak begitu sulit untuk menghapal kalimat ini karena (I believe) kalian sudah sangat sering mendengarnya.

Sebagai catatan, terkadang ada yang menulis hap-ni-da dengan ham-ni-da. It doesn’t matter. Mereka adalah kata yang sama. Orang Korea mengucapkan hap-ni-da dengan ham-ni-da karena mereka memiliki pengucapan (pronunciation) yang berbeda dari orang Inggris.

Note:
Bahasa Korea terbagi menjadi dua. Ada yang informal dan formal atau 존댓말 [jondaetmal]. Jondaetmal ditandai dengan akhiran yo dan ni-da.

Materi lebih lengkap dalam bentuk pdf dan mp3-nya bisa didownload di sini. GRATIS. (Catatan: speaker atau pembicaranya menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar)


Source: www.talktomeinkorean.com

0 comments:

Post a Comment